Ticker

6/recent/ticker-posts

15 Manfaat dan Khasiat Daun Mimba untuk Kesehatan

15 Manfaat dan Khasiat Daun Mimba untuk Kesehatan
15 Manfaat dan Khasiat Daun Mimba untuk Kesehatan

Daun mimba berasal dari tanaman obat yang asalnya dari India. Tanaman mimba pun sudah menyebar di beberapa kawasan Asia, termasuk Indonesia. Mimba termasuk ke dalam jenis tanaman yang bisa hidup di daerah yang kering serta gersang. Tinggi tanaman mimba bisa mencapai 25 meter dengan jenis batang yang keras dan berwarna cokelat. Daunnya sendiri berwarna hijau dengan bentuk yang lonjong panjang dan memiliki gerigi di bagian pinggirnya.

Daun mimba memiliki banyak khasiat kesehatan yang perlu Anda ketahui. Hal ini diperoleh dari kandungan daunnya yang banyak mengandung zat alami seperti rutin, nimbine, nimbolide, dan masih banyak lagi. Semua zat tersebut berperan aktif untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Daun ini dikategorikan sebagai daun utama yang sering digunakan dalam pengobatan herbal karena manfaatnya cukup banyak jika dibandingkan dengan jenis daun herbal lainnya.

Daun Mimba, Manfaat Daun Mimba, Khasiat Daun Mimba

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun mimba, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.



1. Anti kanker

Khasiat daun mimba yang pertama adalah daun anti kanker. Daun ini memiliki kadar anti oksidan yang tinggi sehingga ampuh untuk melawan berbagai macam efek radikal bebas, termasuk penyakit kanker.

2. Mencegah peradangan

Khasiat daun mimba untuk tubuh juga dapat mencegah peradangan. Daun ini punya sifat anti inflamasi, yaitu sifat kesehatan yang akan mencegah dan mengobati beberapa peradangan di tubuh Anda.

3. Obat penyakit kulit

Khasiat daun mimba dapat menjadi obat kulit yang ampuh. Beberapa jenis penyakit kulit akan dengan mudah disembuhkan dengan daun ini. Daun ini akan membersihkan penyakit kulit yang berkaitan dengan jamur dan bakteri lainnay.

4. Anti bakteri

Khasiat daun mimba yang selanjutnya yaitu menjadi daun herbal anti bakteri. Daun ini akan berfungsi sebagai penangkal bakteri yang akan masuk ke tubuh Anda sehingga tidak memicu beberapa penyakit akibat bakteri.



5. Mencegah diabetes

Khasiat daun mimba juga ampuh dalam mencegah diabetes. Daun ini punya fungsi yang baik untuk mengontrol kadar gula di dalam darah Anda. Diabetes pun tidak akan muncul dan mengganggu kesehatan Anda.

6. Penurun panas demam

Panas demam dapat diturunkan dengan daun mimba. Daun ini punya kandungan senyawa alami yang baik untuk menurunkan panas pada demam. Suhu tubuh Anda pun akan kembali normal dan juga sehat tanpa demam.

7. Melancarkan peredaran darah

Peredaran darah yang lancar bisa Anda buat dengan daun mimba. Daun unik ini akan menjadi bahan alami yang ampuh dalam melancarkan aliran darah. Penyakit penyumbatan darah pun bisa dicegah sejak dini.

8. Obat penyakit malaria

Penyakit malaria akibat gigitan nyamuk ternyata bisa diatasi dengan daun mimba. Khasiat daun yang satu ini akan menyembuhkan malaria dengan perlahan dan mencegahnya menyerang tubuh Anda kembali.

9. Mencegah infeksi

Kegunaan daun mimba yang juga penting yaitu mencegah infeksi, baik itu infeksi pada kulit atau bagian dalam tubuh Anda. Anti infeksi ini tentunya sangat berguna untuk tubuh karena tidak akan memicu penyakit lebih lanjut.

10. Baik untuk lambung

Kesehatan lambung bisa Anda jaga dengan daun mimba. Kandungan di dalamnya tidak akan membuat lambung Anda sakit. Daun ini justru akan membuat lambung Anda menjadi lebih sehat dan tahan terhadap penyakit.

Baca Juga: 15 Manfaat dan Khasiat Daun Inai untuk Kesehatan

Selain 10 manfaat dan khasiat daun mimba untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari daun ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

5 Manfaat dan Khasiat Daun Mimba Lainnya:


  • Menambah nafsu makan
  • Obat disentri
  • Mengobati diare
  • Mengatasi penyakit cacingan
  • Obat eksim kulit
Itulah 15 manfaat dan khasiat daun mimba untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat daun yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal. Selamat mencoba

sumber: http://www.khasiat.co.id/daun/mimba.html

Post a Comment

0 Comments